Minggu, 12 Februari 2017

Lucid Dream

Lucid Dreams atau Mimpi Sadar adalah sebuah mimpi ketika seseorang sadar bahwa ia sedang bermimpi. Istilah ini dicetuskan oleh psikiater dan penulis berkebangsaan Belanda, Frederik (Willem) van Eeden (1860–1932). Ketika mimpi sadar, si pemimpi mampu berpartisipasi secara aktif dan mengubah pengalaman imajinasi dalam dunia mimpinya. Mimpi sadar dapat terlihat nyata dan jelas.

Pengendalian mimpi sudah dilakukan bertahun-tahun oleh biksu tibet, Tetapi tidak dinamai lucid dream. Mereka menamainya dream yoga. Konsep lucid dream pertama kali diperkenalkan oleh Celia Green tahun 1960. Pada saat itu, orang masih belum terlalu percaya kalo lucid dream ada.

Tes resmi pertama dilakukan oleh Keith Hearne. Dia melakukannya dengan menangkap greakan mata sang voluntir, Alan Worsley (dalam fase REM, mata bergerak sesuai dengan gerakan mimpi). Tetapi penemuannya tidak terlalu menarik perhatian massa, sehingga penelitiannya terpendam.

Doktor Stephen LaBerge adalah orang yang mempopulerkan lucid dreaming. Dia bilang : itu mustahil untuk membuktikan kepada seseorang bahwa lucid dream itu ada sampai orang itu mengalaminya sendiri.

Sebuah mimpi sadar dapat muncul melalui dua cara. Mimpi sadar akibat mimpi (dream-initiated lucid dream; DILD) berawal sebagai mimpi biasa, dan si pemimpi langsung menyimpulkan bahwa ia sedang bermimpi, sementara mimpi sadar akibat terjaga (wake-initiated lucid dream; WILD) terjadi ketika si pemimpi pindah dari keadaan terjaga biasa ke keadaan bermimpi tanpa mengalami ketidaksadaran.

Berikut Jenis jenis Lucid Dream dan cara melakukannya

A. WILD (Wake Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang dilakukan dengan 'kesadaran' orang terebut untuk masuk ke fase lucid. Atau dengan kata lain kita tidak tidur dalam arti sebenarnya dan tetap terjaga hingga melewati fase REM (Rapid Eye Movement) dan Sleep Paralyze yang dimana akan langsung terhubung ke dunia lucid.

B. WBTB (Wake Back To Bed), adalah teknik yang sangat similar dengan WILD. WBTB biasanya dilakukan untuk mengoptimalkan teknik WILD. Teknik ini mengaharuskan anda untuk tidur sebelumnya, dan setelah 4-5 Jam bangunlah sebentar, minum segelas air putih. Lalu lanjutkan tidur.


C. MILD (Mnemonic Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang ditemukan oleh Dr. Stephen LeBerge. Teknik ini dilakukan dengan bantuan mimpi yang sebelumnya telah terjadi.
1. Lakukan tidur normal, pasang alarm 3-4 jam kemudian, dan bangunlah.
2, Catat mimpi yang tadi kalian alami di sebuah buku.
3. Setelah itu cobalah untuk kembali tidur, visualisasikan mimpi tadi dengan detail, dan usahakan untuk masuk kembali dalam mimpi tersebut untuk 'melanjutkan' mimpi yang sudah kalian alami.
4. Tanamlan afirmasi "Ketika saya mimpi seperti tadi, berarti saya lucid dreaming".

D. FILD (Finger Induced Lucid Dream), adalah teknik yang ditemukan oleh member DreamViews bernama hargarts. Teknik ini dilakukan dengan bantuan gerakan-gerakan jari yang akan membantu kita untuk masuk ke fase lucid.

E. EILD (Electrical/External Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan alat bantu eksternal untuk mencapai fase lucid dreaming. Contohnya seperti Googles Nova Dreamer, Vibrating Watch, Brainwaves, dan program/alat induksi lainnya.

F. DILD (Dream Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan 'kepekaan' diri terhadap mimpi untuk mencapai fase lucid dreaming. Atau dengan kata lain ketika anda sedang bermimpi, anda sadar ini adalah mimpi, dan dengan keinginan untuk lucid dream, anda akan masuk dan dapat melakukan dream bending.

G. DEILD (Dream Exit Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan bantuan alarm/Lucid Dream Timer untuk mencapai fase lucid dreaming. Dengan kata lain ini adalah teknik yang menyadarkan penggunanya bahwa "Sedang Mimpi" dengan dibunyikannya alarm tersebut.

Namun, Lucid Dream juga memiliki efek buruk seperti ketika manusia sudah merasakan Lucid Dream terlalu sering, ia mungkin bisa saja tidak bisa membedakan dunia mimpi dan nyata, juga bisa berlanjut ke Astral Project.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar